CAHAYA PHOTOMETRIC DI 3DSMAX 2011


Dalam 3dsmax penggunaan photometric dapat dengan mudah kita lakukan dengan merubah intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh sumber, dengan mengatur berapa nilai deault yang kita berikan terhadap intensitas cahaya tersebut.
Pertama tama kita atur sebuah object yang kita akan render , pilih photometric  dalam light pilihan, klik free light, buat pengaturan layar pada layer 3dsmax untuk tampilan object  smooth di prespektif layer.
Klik free light tersebut kedalam obyek layer dan atur sedemikian rupa agar pencahayaan dapat terlihat, seperti  gambar dibawah ini.
Sebelum merender object mari kita atur dahulu dan berikan nilai pada cahaya , pertama klik lampu dan buka layer modify  klik kotak on pada shadow dan light , untuk shadow digunakan shadow map,  klik kotak kosong pada intensity / color / attenuation KELVIN berikan nilai 3600, kemudian render, tampak seperti gambar berikut,
Tampak dalam gambar tidak terlihat cahaya untuk menerangi obyek, untuk itu berikan nilai intensitas cahaya pada Kelvin sebesar 3499 ,dan untuk intensity berikan niali 680000,untuk filter color atur red  221, green 248 blue 255, kemudian atur bayangan yang terlihat  pada shadow map parameter untuk bias berikan nilai 20 dan size 195. Render hasil tersebut tampak dibawah ini , 
Dapat terlihat cahaya yang tampak pada obyek ,  selamat mencoba dengan mengatur nilai intensitas cahaya yang diberikan terhadap obyek,

Comments