TUTORIAL FOREST PACK LITE PLUGIN FOR 3DSMAX 9.







Forest pack lite merupakan plugin yang terdiri dari forest dan plane untuk pembuatan obyek suasana panorama alam yang alami terdapat pohon rindang sedangkan plane merupakan perencanaan tata letak dari taman kota atau sesuai kebutuhan perencanaan taman.
Memulai plugin.
1 tampilkan layar 3dsmax.
2 pilih create / geometry, lalu pilh itoo software.
Maka akan tampil pada layar 3dsmax object type kemudian pilh forest lite.


Tampilan tersebut merupakan dasar dari plug in forest lite,  untuk menjalankan plug in tersebut kita gunakan areal dengan membuatnya dengan splines / object type / line.


Selanjutnya kembalikan layer kepenampilan awal yaitu layer itoo software, atur default size pada forest creation untuk lebar pohon 2,7 dan tinggi 5,37.
Kemudian klik spline maka secara otomatis didalam spline tersebut terdapat banyak obyek ,yang nanti akan dijadikan pohon dalam render.




Kemudian, area tersebut yang nanti kita gunakan untuk tampilan render kita , buat kembali plane pada obyek forest lite dengan ukuran length 216, dan width 246. Untuk length segs dan width segs buat 4. Selanjutnya beri penerangan dengan menggunakan light omni , klik ditengah bidang plane dan atur posisi letak pada x -75.853 . y -108.174 . dan z 78.744. atur shadow map on. Dan intensity / color / attenuation pada multiplier 2.011 dan klik kotak warna maka akan tampil color selector light , untuk pengaturan warna red 218, green 235, dan blue 255. Selanjutnya tampilkan camera dan pilh target kamera klik sembarang tempat , kemudian atur letak pada obyek  x 52.478 , y -65.732 , z 12,363. Bila langkah langkah pembuatan tepat maka tampilan layer sebagai berikut,




PEMBERIAN MATERIAL PADA OBYEK.

Untuk pemberian material pada obyek tersebut tampilkan material editor , kemudian klik kotak diffuse color di maps , klik none selanjutnya pada bitmap parameters arahkan folder pada tree.1 selanjutnya kembali ke maps folder dan klik opacity klik none selanjutnya pada bitmap parameter arahkan folder pada tree 1- mask. Dilanjutkan dengan pemberian material pada obyek dengan mengklik assign material selection pada forest lite .

 


Setelah pemberian material pada forest lite maka selanjutnya membuat material untuk dasar forest  lite ( plane ) yaitu klik kotak kecil disamping diffuse maka akan tampil bitmap parameters kemudian klik none maka arahkan folder pada grass . jpg.
 

Dilanjutkan dengan memberikan material  terhadap plane .

MEMBUAT BACKGROUND LANGIT PADA LAYER.

Pada  tampilan berikut adalah pembuatan background langit, pertama , pada toolbar klik rendering pilih environment, pada common parameters background color klik kotak none maka akan tampil pada layer material map browser, pilih bitmap, arahkan folder pada langit, jpg.




Setelah semua step telah dilalui maka selanjutnya kita akan mengarah pada penampilan view render.
Silakan render hasil kerja anda maka akan seperti gambar berikut,



 untuk mempermudah pembuatan model dan penampilan render serta file yang berhubungan dengan tutorial tersebut . silakan .

Download file TUTORIAL FOREST LITE

Download file FOREST LITE PLUGIN FOR 3DSMAX 9 32 BIT.

Comments

  1. akan lebih baik jika objek pohon atau grass pake igrass aja gan akan lebih realistik, gud tutorial..

    ReplyDelete

Post a Comment